BTCQ menuju Insan Qur’ani, Keluarga Illahi Rabbi :)

1526717_571825779569054_228460968_n

Bismillahirrahmanirrahim . .

Terhitung sejak kurang lebih 4 bulan yang lalu, aku bersama mereka berada disini. Di penjara suci yang akan mengantarkan kami menuju impian paling suci dalam hidup kami. Insan Qur’ani , keluarga Illahi Rabbi. Dimana itu? Disini, di Bayt At-Tahfidz Wal Qiro’ah Cahaya Qur’ani atau yang sering kami sebut dengan nama BTCQ.

BTCQ resmi terbentuk pada tanggal 1 Januari 2014 lalu, dengan pengasuh tunggal Almukarrom Ustadz Dr. Ahmad Syafaat, S,Ag , M,Ag. Selain menjadi Mudir BTCQ, beliau adalah dosen Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Malang. Perjalanan hidup yang luar biasa telah mengantarkan beliau menjadi sosok luar biasa pula. Al-Qur’an yang telah menjadi nafas hidup beliau selama ini, semakin menguatkan azzam beliau untuk melahirkan para generasi qur’ani yang sejati, maka lahirlah BTCQ ini. Sebagai efek dari lahirnya BTCQ, diluar sana ratusan insan ingin melabuhkan mimpi di BTCQ, dan Alhamdulillah Allah memilih kami diantara mereka, para pejuang Qur’ani.

Bagaimana bisa seseorang dikatakan luar biasa jika ia tak keluar dari hal-hal yang biasa. Sebagaimana komitmen kami semula disini, bahwasanya meraih mimpi itu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus kami korbankan, yang harus kami pertaruhkan. Karena pada dasarnya waktu tak pernah memberikan kesempatan bagi kita untuk kembali. Dan kami percaya, Allah tak akan pernah menyia-nyiakan hamba-Nya yang telah berjuang dan bekerja keras di jalan-Nya.

Man Yazra Yahsud, barang siapa yang menanam, dia menuai.

Bagi saya, BTCQ lain dari yang lain. Kenapa? Karena di BTCQ kami tidak hanya mengaji sesuka kami. Ada jadwal-jadwal yang harus kami ikuti. Setiap hari kami setoran sebanyak 2x pada Ustadz, pagi hari untuk setoran tambahan baru, dan sore hari untuk setoran muroja’ah ( hafalan lama ). Setiap malam Kamis, ada kajian Tibyan oleh Ustadz Syafaat. Dan selepas berjama’ah sholat Maghrib di malam jum’at, dilakukan pembacaan Dzikrul Ghofilin. Pun ketika malam Sabtu, kami diberi kesempatan untuk mengaji Tartil, mempelajari berbagai lagu Tartil nan indah dan dibimbing langsung oleh Ustadz Syafa’at yang sangat ahli di bidang ini. Sedangkan di malam minggu, kami malam mingguan bersama ustadz kami tercinta, melakukan EVASI ( Evaluasi dan Motivasi ) perjalanan kami selama satu minggu. Dan untuk hari Ahad, ada sema’an dari Tilawah ustadz kami, dan khotmil Qur’an yang dilakukan oleh kami sendiri di siang hari.

Itulah runtutan kegiatan yang kami lakukan selama seminggu. Untuk itu, mengapa aku katakan bahwa ada banyak yang harus kami pertaruhkan dan korbankan disini. Namun, kesemuanya itu tak memupuskan semangat kami. Lelah, resah, sudah biasa. Tak jarang diantara kami jatuh sakit, namun hal itu justru membuat kami semakin bersemangat mengejar ketertinggalan. Sehari saja lengah, maka target pun berantakan. Hehe ..

Dan Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 30 April 2014, BTCQ telah melahirkan satu Hafidzah. Ya, salah satu sahabat kami telah menyelesaikan setoran bil-ghaibnya. Siapa dia? Dialah Qoyyimah. Mahasiswa jurusan Pertanian semester 8 Universitas Brawijaya. Saat memulai hidup di BTCQ dia sudah memiliki 15juz, dan separuhnya berhasil dia selama kurang lebih 4bulan. Subhanallah .. Mabruk yaa Ukhty :*

Teruslah berjuang tanpa lelah, karena khatam sesungguhnya adalah ketika Al-Quran menjadi wirid dalam setiap nafas hidupmu.

Semoga kami segera menyusulmu, menjadi Insan Qur’ani, Keluarga Illahi Rabbi.

Doaku, semoga perjuangan dan kekeluargaan kita ini tidak hanya sampai disini saja, tidak sebatas di BTCQ saja. Namun nanti, hingga kelak Allah menyempurnakan kita serta mengumpulkan kita semua di Jannah-Nya bersama sama. Allahumma Yassirlanaa . . Aamiin 🙂

 

Iklan

2 thoughts on “BTCQ menuju Insan Qur’ani, Keluarga Illahi Rabbi :)

Terimakasih jejak ukhuwahnya, kawan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s